Halaman

Sabtu, 21 April 2012

lensa menual di DSLR itu pilihan...


Pernah terbesit buat beli lensa manual. tapi kok masih bingung cara pakainya atau kualitas gambarnya?
nah kali ini bakal di kasih kelemahan dan kelebihan lensa manual dibanding lensa auto. dengan tau kelebihan dan kekurangannya,  semoga bisa membantu dalam memilih untuk membeli lensa.


kelebihannya:
1. Murah
    Pasti ini yang paling di incer seorang fotografer dengan dana yang "pas-pasan". karena lensa manual berkisar diantara harga kurang dari 2juta, bahkan hanya berharga ratusan ribu. banyak bisa ditemukan di FJB di internet-internet ataupun toko kamera analog.
2. Diafragma Besar
    Lensa-lensa manual mempunyai diafragma yang besar. rata-rata mempunyai 1.4 -1.8 dengan terbanyak adalah lensa prime. ini akan susah di temui di lensa AF.
3. Bodinya Kokoh
    Kenapa kokoh? karena biasanya lensa manual itu terbuat dari metal. dan di sepanjang bodinya terlihat angka-angka yang semakin membuat kensa ini unik..
4. Toleransi semua Merk
    Ini yang paling membuat lensa manual paling diminati, karena ga pandang merk lensa dan DSLRnya. tinggal mencocokkan maountnya saja, semuanya akan jadi beres.

Kelemahan:
1. Menggunakan Adapter
    mungkin ini juga yang membuat lensa manual menjadi terkesan mahal. karena mambutuhkan adapter. tapi semuanya tidak seberapa jika dibanding beli lensa auto.

2. Kondisi
    karena kondisi lensa manual ini adalah sudah uzur, maka biasanya akan menemukan kedaan lensa yang kurang baik, berjamur, lecet-lecet dan lain-lain. tapi ini masih bisa dihindari dengan selektif memilih dalam membelinya.
3. Rentan Flare
    Ini di karenakan sensor yang berbeda dengan kamera DSLR. dimana hasil foto akan terlalu terang, dan sangat jelek jika cahanyanya terlalu terang seperti melawan arah sinar matahari.
4. Manual Focus
    namanya lensa manual, pasti just manual focus yang digunakan. ini kadang yang kurang dipahami, dan kurang diperhatikan oleh fotografer pemula. sehingga kamera dengan lensa manual, sebaiknya digunakan untuk foto potrait, landscape, macro, tidak untuk momen-momen yang berlangsung cepat. karena jika tidak fokus, ya sudah hasil foto akan tidak bagus.
5. Tv/ Manual Mode only
    selain mode diatas, hampir dipastikan mode di kamera anda tidak akan berguna..

dari semua itu, seperti yang sudah saya bilang, semuanya pilihan. ada orang yang membeli lensa manual karena memang suka dan menggilai, ada yang koleksi, atau ada yang karena dana pas-pasan. semuanya akan mengahasilkan baik jika dipelajari dan digunakan dengan benar.

diambil dari berbagai sumber:

keep jepret ^_^

Translate